Wednesday, October 7, 2009

Pekerjaanku

Aku selalu bingung kalau orang tanya mengenai pekerjaanku.
Mereka selalu pikir aku kerja di rig atau pengeboran minyak.
Akan kucoba jelaskan.
Tapi aku harus jelaskan dari awal.
Sumur minyak atau gas itu, awalnya dibor oleh rig, suatu unit yang besar yang biasa kita lihat di tivi. Unit kerja ini namanya Drilling. Nah, setelah sumur itu jadi dan lengkap, biasanya tidak langsung berproduksi. Disinilah unit kerja Well Service yang bekerja. Sesuai namanya, kesatuan kerja unit ini bertugas untuk membuat sumur berproduksi dengan optimal.
Ada beberapa macam sub unit lagi di sini.
Yang pertama, Electric Line, yang membuat perforasi, lubang yang mengalirkan gas atau minyak dari lapisan kandungan minyak ke dalam sumur. Selain juga bisa untuk logging, yaitu pendataan profil sumur dan kandungan lapisannya.
Ada juga unit Coil Tubing, yg salah satunya bisa mengangkat air dari dalam sumur.
Ada lagi unit Snubbing.
Ada juga unit Testing yang bisa mengukur besaran aliran.
Dan ada juga Slickline, unit tempat aku bekerja. Unit ini termasuk yang paling sederhana dan paling rendah teknologi-nya dibanding unit yang lain.
Tugas utamanya adalah mendukung atau mempersiapkan sumur bagi unit yang lain. Sebagian tugasnya adalah, memasang dan melepas katup pengaman untuk sumur, menutup sumur, mengecek kebersihan dinding sumur dan memasukan alat untuk membaca suhu dan tekanan dalam sumur. Dan semua itu dilakukan dengan memasukan alat-alat tersebut kedalam sumur dengan media berupa kawat baja berukuran 0.125 inchi. Kira-kira 3 milimeter diameternya.
Jenis alat yang bisa di-running itu jumlahnya puluhan. Yang sulit, waktu kita running, kita hanya bisa tau apa yang terjadi dengan membaca berat turun dan naiknya.
Di tempatku sekarang, unit ini berada di atas kapal yang membawa ke sumur yang akan dikerjakan. Ada juga yang di kapal/barge unit lain untuk mendukung unit lain tersebut.
Kerja di bidang ini seperti pemain bola. Aturan dan alat yg dipakai sama di seluruh dunia. Jadi kalau ada klub atau perusahaan lain perlu, kita bisa pindah.
Mudah-mudahan cukup jelas, walau cuma sekilas.

No comments:

Post a Comment