Thursday, March 8, 2012

Reksadana

Setelah lama tertunda-tunda, aku yang sudah teracuni oleh bukunya Ligwina Hartanto, akhirnya mulai investasi di reksadana. Itupun setelah agak ngotot dengan istri karena istriku masih belum terlalu percaya dengan reksadana. Dan setelah istriku pun mengajukan untuk investasi emas aku juga mengajukan investasi reksadana, aku cuma minta 1 juta sebulan saja untuk permulaan.
Setelah aku melakukan riset kecil-kecilan di internet, ternyata salah satu cara yang paling gampang untuk investasi reksadana adalah melalui bank Commonwealth. Kebetulan ada bank Commonwealth di Balikpapan, dan transfer antar bank pun makin mudah saat ini.
Kebetulan juga ada fasilitas AutoInvest di bank ini, jadi aku tidak perlu repot repot beli reksadana sendiri, cukup buka rekening di Commonwealth, pilih reksadana yang mau dibeli dan daftar AutoInvest, selesai deh.
Sayangnya aku belum sempat riset mendalam tentang reksadana mana yang bagus, jadi aku hanya memilih reksadana berdasarkan rekomendasi dari CS-nya Commonwealth yang ramah dan memiliki alis mata yang bagus sekali. Aku memilih Schroder dana mantap plus II (pendapatan tetap) dan Schroder 90 plus equity fund (saham). Sengaja aku beli 2 macam dengan tipe yang berbeda, yang satu memiliki resiko rendah dan yang satunya resiko sedang, masing-masing 500 ribu sebulan.
Tujuanku investasi reksadana ini adalah sebagai tabungan jangka panjang untuk keluargaku kelak. Rencanaku, kalau dalam setahun kelihatan untungnya, aku mau menambah nilai investasi tersebut. Mungkin kelihatan terburu-buru dalam memilih jenis reksadana ini, tapi paling tidak aku harus memulainya, karena makin cepat kita memulai makin besar keuntungan yang kita dapatkan. Dan aku juga yakin bahwa pertumbuhan ekonomi negara kita akan membaik. Aku tidak terlalu mengharapkan keuntungan yang berlebihan, aku cuma ingin paling tidak nilai uang yang kita miliki sekarang tidak berubah.
Semua ini kulakukan untuk anakku yang tercinta, mudah-mudahan bermanfaat untuk biaya pendidikannya kelak.

5 comments:

  1. saya sedang mempelajari reksadana Commonwealth..utk benefit nya hingga saat ini bmgn yg sdh dialami ?

    ReplyDelete
  2. Saya juga belum setahun, tapi hasilnya sdh lumayan. Tapi target utama saya buat jangka panjang sih, jadi tidak berharap keuntungan besar untuk jangka pendek. Tapi yg saya sukai dr commonwealth ini adalah kepraktisannya. Kita tinggal rutin memasukan dana, nanti setiap bulan akan dipotong sesuai dengan yg kita daftarkan sebelumnya.

    ReplyDelete
  3. saya bingung nih pilih produk nya schroder yang mana ya? antara dana istimewa atau 90?

    ReplyDelete
  4. saya juga bukan ahlinya kok Mas, kalau emang mau milih, coba aja portofolio nya dari 5 tahun terakhir. atau bisa juga hasil penilaian reksadana terbaik di berbagai media.
    Menurut saya, asal portofolio nya 5 tahun terakhir bagus, oke aja. Dan juga kalau bisa jangan 1 aja, kalau bisa lebih, untuk meminimalkan resiko aja.

    ReplyDelete
  5. Hallo pak, saya baru baca blognya nih. Apa sampe sekarang masih jalan pak invest reksadananya? Gimana perkembangannya sampe tahun ini? Kebetulan saya tertarik pengen ikutan nyoba beli juga.

    ReplyDelete