Monday, January 31, 2011

29 jan

29 Januari 2011

Rencananya hari ini mau ke Marina Bay Sands, sebuah hotel dengan 3 tower yang diatas ketiga tower itu seperti ada bahtera yang nangkring. Aku sangat kagum dengan keindahan-keindahan arsitektural, jadi pengen banget kesana.
Setelah sarapan dengan menu yang sama seperti kemaren, akhirnya kami pergi. Berdasarkan resepsionis hotel, dia menyarankan kami naik bus dari seberang hotel. Waktu kami sudah naik busnya, ternyata supirnya bilang kalau bus itu tidak lewat Marina Bay Sands, akhirnya aku minta diturunin di Merlion saja. Setelah turun di depan hotel Fullerton, kami menuju ke patung Merlion. Seperti biasa, kami foto-foto dulu dengan latar belakang Marina Bay Sands. Dilanjutkan dengan berfoto dengan latar belakang patung Merlion, kebetulan karena tahun lalu kami kesini pas malam hari, jadi nggak bisa berfoto-foto deket patung Merlion dengan leluasa.
Dari Merlion kami menyeberangi jembatan yang melintasi sungai menuju Espalanade di seberangnya. Mengagumkan, Singapore membangun jembatan khusus untuk pejalan kaki karena memang lalulintas pejalan kaki dari patung Merlion ke Esplanade, 2 tempat wisata utama di Singapore, memang ramai. Di Esplanade tidak lupa kami berfoto-foto lagi. Esplanade ini merupakan tempat konser dengan disain kubah yang unik, seperti buah durian. Di seberang Espalanade sebenarnya sudah kelihatan Singapore Flyer, sebuah bianglala terbesar di dunia. Tahun lalu kami sudah pernah naik Singapore Flyer ini, dari atas flyer ini kita bisa melihat pemandangan kota singapur.
Dari Esplanade, kami menyeberangi lagi sebuah jembatan (The Helix Bridge) khusus pejalan kaki yang berbentuk unik, seperti 2 spiral yang menjadi satu dan saling mengikat seperti struktur DNA. Nampaknya jembatan ini memang dibangun khusus untuk memfasilitasi para pejalan kaki dari dan menuju Marina Bay Sands. Di seberang jembatan ada mall yang merupakan bagian dari Marina Bay Sands, dari mall ini kita bisa jalan menuju Marina Bay Sands lewat jalan bawah tanah. Di Marina Bay Sands kami diarahkan untuk menuju tower 3 untuk membeli tiket naik ke Sands SkyPark. Dengan lift yang sangat cepat kami naik ke Sands SkyPark yang berada di lantai 57.
Di SkyPark ini kita bisa melihat pemandangan kota Singapur dengan leluasa, disediakan juga audio guide untuk penjelasan di setiap spot pemandangan. Dari atas SkyPark bisa kita lihat, Merlion Park, Esplanade dan Singapore Flyer karena 4 tempat ini bisa dibilang berada di satu area. Cukup nyeri juga liat pemandangan dari ketinggian seperti itu, kalau untuk orang yang takut ketinggian, sebaiknya jangan deh.
Sebenarnya SkyPark yang bisa kita masuki ini tidak terlalu luas, disini hanya tersedia sebuah kafe yang menjual makanan, dan ada juga tambahan atraksi sulap dan atraksi balon yang bisa dibentuk-bentuk. Dan bagian yang boleh kita masuki ini sebenarnya hanya ujung dari SkyDari SkyPark ini juga praktis kita cuman bisa melihat pemandangan Singapore, tapi jika cuacanya bagus, sangat bagus untuk tempat foto-foto.
Sebenarnya SkyPark ini mempunyai bagian yang lebih bagus yang dilengkapi taman dan kolam renang yang seolah-olah ujungnya adalah batas langit, tapi tempat ini hanya bisa dimasuki oleh penghuni hotel Marina Bay Sands ini.

Setelah puas, kami turun ke lantai bawah. Tujuan selanjutnya adalah Singapore Science Center. Dari Marina Bay Sands kami naik taksi ke Singapore Science Center yang terletak di daerah Jurong East dengan membayar S$14. Sebagai catatan, naik taksi di Singapur sangat aman, walaupun kadang drivernya tidak selalu ramah atau bahasa inggrisnya agak sulit dipahami, tapi kita tidak perlu khawatir ditipu. Sebaiknya kita mempersiapkan alamat lengkap tujuan kita biar gampang, karena tarif taksi lumayan mahal. Tapi Singapura adalah kota yang kecil dan jalannya hampir tidak pernah macet, jadi tidak akan terlalu mahal. Positifnya, dibanding dengan naik MRT, kita bisa sekalian melihat pemandangan atau suasana kota.
Singapore Science Center bagiku mirip dengan Taman Pintar di Yogyakarta. Di dalamnya banyak peragaan-peragaan yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan, dan dikelompokan berdasarkan kriteria ilmu pengetahuan tersebut, ada suara, tekhnologi, pertanian, tubuh dan luar angkasa.
Sebenarnya kalau mau diliat semua, sehari pun tidak cukup. Jadi kami hanya melihat yang menarik saja, dan kebetulan sudah pernah liat yang di Taman Pintar di Yogya, jadi kami tidak terlalu lama disana.
Dari sana kami naik bis ke Jurong East station, cuma satu kali stop, trus dilanjutkan dengan naik MRT pulang ke hotel.
Setelah beristirahat di htel, malamnya kami pergi ke daerah Orchard, apalagi kalau tidak belanja. Sebenarnya banyak banget mall di daerah Orchard, tapi kalau melihat harganya yang tidak terlalu beda dengan di Indonesia, kami memilih untuk lebih banyak melihat-lihat saja. Istriku dan anakku membeli sandal FitFlop yang sudah lama diinginkan istriku. Selain itu juga istriku membeli dompet untuk mengganti dompetnya yang sudah rusak.
Sepulangnya dari Orchard, kami singgah di Bugis Junction dan untuk membeli makan malam di Tong Seng restoran di seberang bugis Junction.