Monday, February 15, 2010

Singapura...., lagi

Sebenarnya, sebagian besar jenis hiburan di sentosa island, singapura, ada di jakarta.
Sea world, gelanggang samudra, bioskop 4 dimensi, taman burung, pantai ada di jakarta. Yang di luar sentosa island seperti night safari ada juga kita punya taman safari di cisarua.
Memang, ada yang tidak dimiliki jakarta, seperti singapore flyer, merlion park, dan river tour yang sulit untuk kita miliki.
Tapi jakarta juga punya water boom, dufan dan monas.
Trus, apa yang membedakan? Mungkin karena faktor geografis dimana singapura merupakan negara yang kecil, jadi, hampir kemana-mana ke seluruh penjuru singapura, terutama ke tempat-tempat wisata itu sangat mudah. Semuanya itu didukung oleh alat transportasi yang terpadu dan informasi yang lengkap. MRT dan bus, jalurnya dirancang sangat terpadu, jadi, walaupun tempat yang dituju jauh dari stasiun MRT, tapi dari MRT tersebut pasti ada bus yang menghubungkan tempat yang kita tuju. Busnya pun sangat nyaman, bersih dan sejuk. Bahkan MRT-nya pun sampai ke bandara Changi.
Jikalaupun kita menggunakan taksi argo, tidak akan susah dan mahal, karena jaraknya relatif dekat-dekat. Dan setahuku, hampir semua taksi disana dilengkapi GPS.
Trus, mungkin nggak Indonesia atau Jakarta bisa seperti itu? Menurut saya harusnya bisa, tinggal ketegasan pemerintah aja.
Dan satu hal yang utama, kota singapura itu sangat bersih, aman dan penduduknya sangat tertib. Hal yang berpuluh-puluh tahun berusaha dicapai oleh kota jakarta, dan mungkin oleh sebagian pribadi kita, warga Indonesia.

No comments:

Post a Comment