Sunday, October 14, 2018

Doa Papa

Di setiap doa Papa, Papa pasti minta agar anak anak Papa jadi anak yang sholeh, sholat, sehat, pintar dan kuat. Dan Papa selalu berusaha agar anak anak Papa jadi anak yang sehat dan ceria. Sebisa mungkin Papa usahakan agar kalian tidak kesusahan atau bersedih.
Sampai saat ini pun begitu, Papa berusaha memenuhi kebutuhan anak Papa, walaupun kondisi sekarang tidak seperti dulu. Papa akan selalu berusaha keras agar semua kebutuhan sekolahmu bisa terpenuhi. Tapi ada saat saat Papa tidak memenuhi semua keinginanmu, hal hal kecil yang sebenarnya tidak terlalu kamu perlukan, hal hal yang bisa ditunda dan hal hal yang akan menjadi mubazir pada akhirnya.
Mungkin kamu akan merasa sedih, bahkan mungkin marah sama Papa dan Mama. Tapi percayalah, itu semua agar kamu bisa belajar memilah dan memilih, mana yang lebih penting dan berguna. Tidak selamanya Papa bisa membelikan apa yang kamu mau, tidak selamanya Papa ada di sampingmu. Kamu juga harus siap suatu saat Papa nggak ada, dan keadaan tidak sebaik sekarang. Papa mau kamu juga bisa hidup dalam kondisi yang susah dan sulit, kalau kamu tidak membiasakannya, Papa takut kamu tidak kuat menjalani hidup.
Mulailah belajar hidup lebih sederhana, memilah mana yang lebih penting dan lebih empati dengan orang lain. Kita harus berempati juga dengan keadaan orang lain. Di saat Arum bisa sekolah di tempat yang mahal dan bagus. Ada sepupumu yang harus kerja di usia yang muda. Ada yang harus sekolah di tempat yang biasa. Bahkan ada yang kesulitan membayar uang sekolah yang tidak sampai setengah uang bulanan sekolahmu.
Percayalah, Papa dan Mama cuma mau memberikan yang terbaik untuk kamu, cuma mau mendidik yang terbaik untuk kamu. Termasuk mempersiapkan kamu untuk bisa menghadapi kehidupan yang sulit. Papa dan Mama minta maaf kalau mungkin ada didikan Papa dan Mama yang salah. Karena Papa dan Mama juga masih terus belajar menjadi orang yang lebih baik. Papa berharap kalau Papa sangat sayang sama Arum dan Altaf bukanlah hal yang salah.
Banyak banyak lah bersyukur sama Allah, karena masih banyak anak anak yang lebih susah daripada kamu, yang tidak seberuntung kalian. Karena kalau kita bersyukur, Allah berjanji akan melipatgandakan nikmat Nya.

No comments:

Post a Comment