Monday, July 8, 2013

Arum Mulai Gede

Arum sekarang sudah mulai besar. Tahun ini dia berusia 11 tahun. Aku tau dia sudah memasuki usia aqil baligh. Susunya pun sudah mulai tumbuh. Sepupunya, si Devi, sudah mulai haid sejak umur 10 tahun. Arum sudah mulai dewasa, dia sudah tidak mau kupeluk peluk lagi, kecuali waktu aku baru pulang. Kalau tidur pun sudah tidak mau dipeluk lagi, walau kadang dia memilih tidur di lantai sama aku, tidak di tempat tidurnya. Dan minggu ini, ada lompatan besar, Arum mendadak mau tidur sendiri di kamarnya. Dia membiarkan aku tidur sama mamanya, suatu hal yang sangat drastis. Malam pertama sih aku masih terus monitor, tapi tampaknya dia tenang tenang aja tidur sendiri. Sampai akhirnya aku naik lagi ke lokasi, dia tetap tidur malam sendiri. Kalau suka-sukaan sama cowok sih aku belum ada lihat tanda-tandanya. Tapi istriku selalu monitor dengan sering mengajak Arum ngobrol. Prinsipku, dia harus mendapatkan perhatian dan kasih sayang dari keluarganya, jadi dia tidak perlu mencari kasih sayang dan perhatian dari luar. Kami juga berusaha memenuhi semua kebutuhan dan kesukaannya, walau kami tetap harus menahan banyak permintaannya demi supaya dia tidak jadi anak yang manja. Satu hal yang aku masih khawatirkan, dia masih belum mau sholat sendiri. Walau kalau kami berjamaah sholat maghrib dia selalu ikut. Aku takut nanti pas saat dia mulai baligh, dia masih belum terbiasa sholat. Anakku sayang, belajarlah segera untuk menjalankan sholat 5 waktu, dan jangan pernah tinggalkan sampai kapanpun. Karena dengan sholat, kita bisa menjaga akhlak dan perilaku kita. Dan percayalah, sholat yang awalnya wajib itu akan menjadi kebutuhan buat kita.

No comments:

Post a Comment