Sunday, January 17, 2010

Raport Arum

Raport

Tanggal 4 januari kemaren, Arum bagi raport.
Hasilnya cukup bagus sebenarnya, tapi dia "hanya" rangking 9.
Awalnya aku sempat kecewa, karena waktu semester 1 kelas 1 dulu dia rangking 1. Tapi waktu semester 2 kelas 1 jadi rangking 4. Ada penurunan memang dari nilai keseluruhannya. Tapi sebenarnya cukup bagus, karena cuman satu yang 7, lainnya 8 dan bahkan 9. Mungkin karena persaingan di kelasnya cukup ketat, dan banyak yang lebih pintar.
Seperti kebanyakan orang tua yang lain, aku juga sebenarnya ingin anakku jadi yang terbaik. Tapi dengan menurunnya peringkat Arum ini, aku baru sadar, tidak semua anak bisa menjadi juara 1. Dan kita tidak bisa memaksakan keinginan kita kepada anak kita. Aku juga yakin, walaupun rangking-nya tidak seperti yang kita harapkan, tapi dia punya kelebihan lain. Yang penting adalah, dia telah berusaha.
Jangan sampai, obsesi kita terlalu membebani anak kita. Karena dia punya hak untuk menikmati masa kanak-kanaknya. Dan kita, wajib memberikan kesempatan dia untuk berkembang di segala bidang. Yang terutama, kita membekali dia dengan ilmu agama sebaik-baiknya.
Lagian, rangking di sekolah, bukanlah ukuran baku atas kualitas seseorang. Jangan sampai kita didangkalkan oleh peringkat yang diberikan oleh sekolah anak.

1 comment:

  1. Setuju Ka...
    Anak mestinya diiringi dan dibentuk secara perlahan2, bukan memaksakannya hingga beresiko patah jadinya :)

    ReplyDelete